Berita Desa

Potensi Air Bersih Melimpah, Nagari Baruah Gunuang Bakal Bikin Air Kemasan

25 Juli 2023
Administrator
Dibaca 169 Kali
Potensi Air Bersih Melimpah, Nagari Baruah Gunuang Bakal Bikin Air Kemasan
image1

 


Limapuluh Kota, Prokopim - Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota memiliki pasokan air bersih yang melimpah. Bahkan, potensi ini menjadi pendapatan bagi nagari melalui penyediaan air bersih untuk warga.

Hal itu, disampaikan Walinagari Baruah Gunuang, Afrional saat memberikan sambutan, menyambut Tim Safari Ramadhan Propinsi Sumbar, yang didampingi Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo di Masjid Raya Sekh Ahmad Baruah Gunuang, pada Minggu (26/3/2023) malam.

Menurutnya, saat ini Nagari Baruah Gunuang telah sukses mengelola Perusahaan Air Minum Tamaik Kuniang (PAMTK) melalui BUMnag. Tujuannya, untuk memasok air bersih kerumah-rumah warga.

Dengan adanya perusahaan air minum itu, berhasil menambah pendapatan nagari mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

"Saat ini PAMTK yang dikelola, telah memiliki banyak pelanggan, setiap bulan jumlah pemasangan pelanggan baru juga terus bertambah. Bahkan, saat ini telah mengalir sampai ke nagari Sungai Naniang dan Nagari Koto Tangah, Kecamatan Bukit Barisan," katanya.

Lebih Jauh, Afrional menyebutkan potensi air bersih yang melimpah di Nagari Baruah Gunuang itu, nantinya juga direncanakan akan dimanfaatkan untuk dijadikan produksi air minum kemasan.

"Kita harap dukungan pemerintah daerah khususnya bapak bupati, agar potensi sumber mata air alami yang bersih dan jernih, di Nagari Baruah Gunuang ini, dapat dimanfaatkan untuk membuat produksi air kemasan," harapnya.

Keinginan masyarakat Baruah Gunuang untuk menciptakan air minum kemasan itu disambut baik Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Menurutnya, pihaknya terus mendorong agar Pemerintah Nagari di Limapuluh Kota memanfaatkan potensi yang ada di masing-masing nagari.

"Salah satunya dengan adanya wacana pembuatan air mineral kemasan. Pemkab tentunya mendukung, kalau bisa, kita datangkan investor atau anak-anak nagari agar air minuman ini dapat dikelola secara industri," katanya.

Diakui Bupati, Nagari Baruah Gunuang memiliki potensi untuk itu, apalagi saat ini permintaan dan kebutuhan air mineral kemasaan juga cukup tinggi. "Ini bisa kita manfaatkan membuat produksi air mineral kemasan dengan jumlah banyak, jadi masyarakat tidak perlu lagi membeli air minum kemasan dari luar," katanya.

Terpenting kata Safaruddin, pengelolaan air ini mengikuti regulasi yang ada, sehingga nantinya air mineral kemasan dari Nagari Baruah Gunuang bisa bersaing dengan air mineral kemasan lainnya.

Kesempatan itu, bupati juga menyampaikan beberapa programnya, diantaranya dengan menggerakkan pertumbuhan ekonomi melalui UMKM, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan infrastruktur. "Program pemerintah ini, harus terintegrasi hingga ke nagari-nagari," tutupnya.

Kunjungan TSR Propinsi Sumbar itu, juga ditutup dengan penyerahan bantuan kepada Masjid Raya Baruah Gunuang berupa hibah sebesar 50 Juta rupiah, ditambah bantuan paket sembako dari Baznas Limapuluh Kota.

Hadir Rombongan Propinsi, Biro Kesra, Yopi Oktavia, Komisioner KPU Propinsi Sumbar, Inspektorat, serta anggota DPRD propinsi Sumbar. Ikut hadir, Ketua PKK Limapuluh Kota, Nevy Safaruddin, serta sejumlah kepala OPD pemkab Limapuluh Kota.(rdo)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image